Logika dan Algoritma

Jumat, 13 September 2013

Tahapan Analisa Algoritma
1. Bagaimana merencanakan suatu algoritma:
Menentukan beberapa model atau desain sebagai penyelesaian dari suatu masalah untuk mendapat sebuah solusi yan mungkin. Dengan demikian, akan banyak terdapat variasi desain atau model yang dapat diambil yang terbaik.
2. Bagaimana menyatakan suatu algoritma
Menentukan model suatu algoritma yang digunakan sehingga dapat membuat barisan langkah secara berurutan guna mendapatkan solusi penyelesaian masalah. Menentukan model tersebut agar dapat digunakan dengan cara:
1. Deskriptif
2. Flow Chart
3. Pseudo Code
Bagaimana menyatakan suatu algoritma
1. Deskriptif
Logika Algoritma bertipe Deskriptif maksudnya adalah logika algoritma yang ditulis dengan bahasa manusia sehari-hari (misalnya Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris). Setiap Langkahnya ditulis dalam satu kalimat atau lebih. Tidak ada aturan untuk penulisan algoritma bertipe Deskriptif ini. Semua kalimat ditulis dengan sistematis, jelas, terbatas dan berurutan.
Contoh :
1)      Logika Algoritma menghitung_luas_segitiga
2)      Untuk menghitung Luas Segitiga pertama Masukan nilai alas
3)      Kemudian masukan nilai tinggi
4)      Kemudian hitung dengan menggunakan rumus Luas = Alas * Tinggi / 2
5)      Cetak Luas
6)      2. Flow Chart
7)      Logika Algoritma bertipe Flow Chart maksudnya adalah logika algoritma yang ditulis dalam bentuk diagram-diagram dengan anak panah sebagai penunjuk urutan langkah algoritmanya. Didalam Diagram terdapat Simbol-simbol yang mempunyai makna atau arti tersendiri.
   


3. Pseudocode
Logika Algoritma bertipe Pseudocode maksudnya adalah tiruan atau imitasi dari kode bahasa pemograman. Pada dasarnya, pseudocode merupakan suatu bahasa yang memungkinkan programer untuk berfikir terhadap permasalahan yang harus dipecahkan tanpa harus memikirkan syntax dari bahasa pemograman yang tertentu. Jadi pseudocode digunakan untuk menganmbarkan logika urut-urutan dari perogram tanpa memandang bagaimana bahasa pemorogramannya.
Contoh pseudocode untuk Algoritma menghitung_luas_segitiga
1)      deklarasi:
2)      luas,alas,tinggi : integer
3)      deskripsi
4)      read (alas)
5)      read (tinggi)
6)      luas ← alas * tinggi / 2
7)      write (luas)

0 komentar:

Posting Komentar